STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL)
Adalah kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap pengetahuan dan keterampilan
- Sebagai pedoman penilaian dalam penentuan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan
- Meliputi kompetensi seluruh mata pelajaran
- Dikembangkan oleh Badan Standar Nasional Penddidikan (BSNP)
LANGKAH-LANGKAH PENYUSUNAN TES
- Penentuan tujuan tes,
- Penyusunan KISI-KISI tes,
- PENULISAN SOAL,
- PENELAAHAN SOAL (validasi soal),
- Perakitan soal menjadi perangkat tes,
- Uji coba soal termasuk ANALISIS-nya,
- Bank Soal
- Penyajian tes kepada siswa
- Skoring (pemeriksaan jawaban siswa)
Pengertian Kisi-kisi
Kisi-kisi adalah suatu format atau matriks yang memuat informasi yang dapat dijadikan pedoman untuk menulis tes atau merakit tes

– Pedm. penulisan soal
– Pedm. perakitan soal

– Mewakili isi kurikulum
– Singkat dan jelas
– Soal dapat disusun sesuai dengan bentuk soal.

– Identitas
– SK/KD/IP
– Materi Pembel.
– Indikator Soal
– Bentuk Tes
– Nomor Soal
PRINSIP PENULISAN SOAL
- VALID : Mengujikan Materi/Kompetensi Yang Tepat (UKRK + Measureble)
- RELIABEL : Konsisten hasil pengukurannya
- FAIR (Tidak merugikan pihak tertentu):
a. JUJUR (HONESTY):
-Tingkat kesukaran soal = kemampuan siswa
-Tidak menjebak
-Materi yang diujikan sesuai dengan jenis tes dan bentuk soal yang digunakan
-Menetapkan penskoran yang tepat
b. SEIMBANG (BALANCE):
-Materi yang diujikan=materi yang diajarkan
-Waktu untuk mengerjakan soal sesuai
-Mengurutkan soal dari yang mudah – sukar
-Mengurutkan level kognitif dari yang rendah – tinggi
-Mengurutkan/mengelompokkan jenis bentuk soal yang digunakan
c. ORGANISASI:
-Jelas petunjuk dan perintahnya
-Urutan materi dalam tes = urutan materi yang diajarkan
-Layout soal jelas dan mudah dibaca
-Berpenampilan profesional.
4. TRANSPARAN : Jelas apa yang diujikan, tugasnya, dan kriteria penskorannya?
5. AUTENTIK : Harus hasil kerja siswa dan sesuai dengan dunia riil/nyata.
SOAL URAIAN
SOAL URAIAN adalah soal yang jawabannya menuntut peserta tes untuk mengorganisasikan gagasan atau hal-hal yang telah dipelajarinya dengan cara mengemukakan gagasan tsb dalam bentuk tulisan.
KAIDAH PENULISAN
SOAL URAIAN
SOAL URAIAN
- Soal sesuai dengan indikator
- Batasan pertanyaan dan jawaban yang diharapkan sudah sesuai
- Materi yang ditanyakan sesuai dengan tujuan pengukuran
- Isi materi yang ditanyakan sesuai dengan jenjang jenis sekolah atau tingkat kelas
- Menggunakan kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban uraian
- Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
- Ada pedoman penskorannya
- Tabel, gambar, grafik, peta, atau yang sejenisnya disajikan dengan jelas dan terbaca
- Rumusan kalimat soal komunikatif
- Butir soal menggunakan bahasa Indonesia yang baku
- Tidak menggunakan kata/ungkapan yang menimbulkan penafsiran ganda atau salah pengertian
- Tidak menggunakan bahasa yang berlaku setempat/tabu
- Rumusan soal tidak mengandung kata/ungkapan yang dapat menyinggung perasaan siswa
CARA MEMBUAT OPTION YANG BAIK
n Jawaban yang paling umum dimengerti oleh peserta didik
n Gunakan kata2 yang kedengarannya sama (atmosfer, troposfer, biosfer, dll)
n Gunakan yang kira2 ada kaitannya (ilmu politik, politikus, dll)
n Gunakan bahasa baku
KAIDAH PENULISAN SOAL PG
- Soal harus sesuai dengan indikator
- Pengecoh harus berfungsi
- Setiap soal harus mempunyai satu jawaban yang benar
- Pokok soal harus dirumuskan secara jelas dan tegas.
- Pokok soal jangan memberi petunjuk ke arah jawaban yang benar.
- Pokok soal jangan mengandung pernyataan yang bersifat negatif ganda.
- Pilihan jawaban harus homogen dan logis ditinjau dari segi materi.
- Panjang rumusan pilihan jawaban harus relatif sama
- Pilihan jawaban jangan mengandung pernyataan “Semua pilihan jawaban di atas salah/benar”.
- Pilihan jawaban yang berbentuk angka atau waktu harus disusun berdasarkan urutan besar kecilnya nilai angka atau kronologis waktunya.
- 11. Gambar, grafik, tabel, diagram, dan sejenisnya yang terdapat pada soal harus jelas dan berfungsi.
- 12. Rumusan pokok soal tidak menggunakan ungkapan atau kata yang bermakna tidak pasti seperti: sebaiknya, umumnya, kadang-kadang.
- 13. Butir soal jangan bergantung pada jawaban soal sebelumnya.
- 14. Setiap soal harus menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia.
- 15. Bahasa yang digunakan harus komunikatif, sehingga pernyataannya mudah dimengerti warga belajar/siswa.
- 16. Jangan menggunakan bahasa yang berlaku setempat jika soal akan digunakan untuk daerah lain atau nasional.
- 17. Pilihan jawaban jangan mengulang kata/frase yang bukan merupakan satu kesatuan pengertian. Letakkan kata/frase pada pokok soal.
CONTOH KISI-KISI PENULISAN TES PRESTASI BELAJAR
Jenis Sekolah : SMA Alokasi Waktu :120 Menit
Program Studi : BAHASA Jumlah Soal : 50
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris Penyusun : Team Bahasa Inggris
No Urut | Standard Kompetensi Lulusan | Uraian Materi | Indikator Soal | Tingkat Kesukaran | Nomor Soal |
1 | LISTENING ( Mendengarkan ) Memahami makna teks lisan berbentuk teks fungsional pendek, percakapan dan teks monolog sederhana berbentuk naratif ( narrative, recount, news item ) dan deskriptif ( report, descriptive, explanation ) dalam konteks kehidupan sehari-hari. | Menentukan tempat terjadinya dialog . | Diperdengarkan suatu percakapan transaksional , siswa dapat menentukan dimana percakapan itu terjadi. | MD | 1 |
2 | | Menentukan gambaran umum dari sebuah percakapan. | Diperdengarkan suatu percakapan interpersonal , siswa dapat menentukan gambaran umum secara tepat. | SK | 2 |
3 | Menentukan informasi rinci dari sebuah percakapan. | Diperdengarkan suatu percakapan interpersonal , siswa dapat menyebutkan informasi rinci secara tepat. | SD | 3 | |
4 | Menentukan makna ungkapan persetujuan. | Diperdengarkan suatu percakapan, siswa dapat menentukan makna ungkapan persetujuan. | SD | 4 | |
5 | Menentukan informasi tersirat dari sebuah percakapan. | Diperdengarkan suatu percakapan siswa dapat menyebutkan informasi yang tersirat. | SK | 5 |
KAIDAH PENULISAN SOAL
PILIHAN GANDA
PILIHAN GANDA
- SOAL HARUS SESUAI DENGAN INDIKATOR
- PILIHAN JAWABAN HARUS HOMOGEN DAN LOGIS
- SETIAP SOAL HARUS MEMPUNYAI SATU JAWABAN YANG BENAR
KEUNGGULAN



KETERBATASAN



KONSTRUKSI
- POKOK SOAL HARUS DIRUMUSKAN SECARA JELAS DAN TEGAS
- RUMUSAN POKOK SOAL DAN PILIHAN JAWABAN HARUS MERUPAKAN PERNYATAAN YANG DIPERLUKAN SAJA
- POKOK SOAL JANGAN MEMBERI PETUNJUK KE ARAH JAWABAN YANG BENAR
- POKOK SOAL JANGAN MENGANDUNG PERNYATAAN YANG BERSIFAT NEGATIF GANDA
- PANJANG RUMUSAN PILIHAN JAWABAN HARUS RELATIF SAMA
- PILIHAN JAWABAN JANGAN MENGANDUNG PERNYATAAN “SEMUA PILIHAN JAWABAN DI ATAS SALAH”, ATAU “SEMUA PILIHAN JAWABAN DI ATAS BENAR”
- PILIHAN JAWABAN YANG BERBENTUK ANGKA HARUS DISUSUN BERDASARKAN URUTAN BESAR KECILNYA NILAI ANGKA TERSEBUT
- GAMBAR, GRAFIK, TABEL, DIAGRAM, DAN SEJENISNYA YANG TERDAPAT PADA SOAL HARUS JELAS BERFUNGSI
- BUTIR MATERI SOAL JANGAN BERGANTUNG PADA JAWABAN SOAL SEBELUMNYA
KAIDAH BAHASA
- SETIAP SOAL HARUS MENGGUNAKAN BAHASA YANG SESUAI DENGAN KAIDAH BAHASA INDONESIA
- JANGAN MENGGUANAKAN BAHASA YANG BERLAKU SETEMPAT
- PILIHAN JAWABAN JANGAN MENGULANG KATA ATAU FRASE YANG BUKAN MERUPAKAN SATU KESATUAN PENGERTIAN
INDIKATOR
– DISAJIKAN SEBUAH KALIMAT, SISWA DAPAT MENETUKAN SINONIM SALAH SATU KATA DARI KALIMAT TERSEBUT
SOAL
Kalimat berikut yang menggunakan sinonim kata adalah …
- Bu Ani mendidik anaknya dengan lemah lembut.
- Adikku adalah anak yang cerdik dan pandai.
- Perempuan itu ternyata masih gadis.
Sumber daya alam belum dieksploitasi secara optimal. Sinonim kata eksploitasi pada kalimat tersebut adalah?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.