Jumat, 21 Januari 2011

SKL.TES.dan.SOAL


STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL)
Adalah kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap pengetahuan dan keterampilan
  • Sebagai pedoman penilaian dalam penentuan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan
  • Meliputi kompetensi seluruh mata pelajaran
  • Dikembangkan oleh Badan Standar Nasional Penddidikan (BSNP)
LANGKAH-LANGKAH PENYUSUNAN TES
  1. Penentuan tujuan tes,
  2. Penyusunan KISI-KISI tes,
  3. PENULISAN SOAL,
  4. PENELAAHAN SOAL (validasi soal),
  5. Perakitan soal menjadi perangkat tes,
  6. Uji coba soal termasuk ANALISIS-nya,
  7. Bank Soal
  8. Penyajian tes kepada siswa
  9. Skoring (pemeriksaan jawaban siswa)
Pengertian Kisi-kisi
Kisi-kisi adalah suatu format atau matriks yang memuat informasi yang dapat dijadikan pedoman untuk menulis tes atau merakit tes
*      Fungsi
        Pedm. penulisan soal
        Pedm. perakitan soal
*      Syarat kisi-kisi
        Mewakili isi kurikulum
        Singkat dan jelas
        Soal dapat disusun sesuai dengan bentuk soal.
*      Komponen Kisi2:
        Identitas
        SK/KD/IP
        Materi Pembel.
        Indikator Soal
        Bentuk Tes
      Nomor Soal
PRINSIP PENULISAN SOAL
  1. VALID    : Mengujikan Materi/Kompetensi Yang Tepat (UKRK + Measureble)
  2. RELIABEL              : Konsisten hasil pengukurannya
  3. FAIR (Tidak merugikan pihak tertentu):
      a. JUJUR (HONESTY):
           -Tingkat kesukaran soal = kemampuan siswa
           -Tidak menjebak
           -Materi yang diujikan sesuai dengan jenis tes dan bentuk soal yang digunakan
           -Menetapkan penskoran yang tepat
      b. SEIMBANG (BALANCE):
           -Materi yang diujikan=materi yang diajarkan
           -Waktu untuk mengerjakan soal sesuai
           -Mengurutkan soal dari yang mudah – sukar
           -Mengurutkan level kognitif dari yang rendah – tinggi
           -Mengurutkan/mengelompokkan jenis bentuk soal yang digunakan
                c. ORGANISASI:
           -Jelas petunjuk dan perintahnya
           -Urutan materi dalam tes =  urutan materi yang diajarkan
           -Layout soal jelas dan mudah dibaca
           -Berpenampilan profesional.
4. TRANSPARAN               : Jelas apa yang diujikan, tugasnya, dan kriteria penskorannya?
5. AUTENTIK       : Harus hasil kerja siswa dan sesuai dengan dunia riil/nyata.

SOAL URAIAN
SOAL URAIAN adalah soal yang jawabannya menuntut peserta tes untuk mengorganisasikan gagasan atau hal-hal yang telah dipelajarinya dengan cara mengemukakan gagasan tsb dalam bentuk tulisan.
KAIDAH PENULISAN
SOAL URAIAN
  1. Soal sesuai dengan indikator
  2. Batasan pertanyaan dan jawaban yang diharapkan sudah sesuai
  3. Materi yang ditanyakan sesuai dengan tujuan pengukuran
  4. Isi materi yang ditanyakan sesuai dengan jenjang jenis sekolah atau tingkat kelas
  5. Menggunakan kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban uraian
  6. Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
  7. Ada pedoman penskorannya
  8. Tabel, gambar, grafik, peta, atau yang sejenisnya disajikan dengan jelas dan terbaca
  9. Rumusan kalimat soal komunikatif
  10. Butir soal menggunakan bahasa Indonesia yang baku
  11. Tidak menggunakan kata/ungkapan yang menimbulkan penafsiran ganda atau salah pengertian
  12. Tidak menggunakan bahasa yang berlaku setempat/tabu
  13. Rumusan soal tidak mengandung kata/ungkapan yang dapat     menyinggung perasaan siswa
CARA MEMBUAT OPTION YANG BAIK
n  Jawaban yang paling umum dimengerti oleh peserta didik
n  Gunakan kata2 yang kedengarannya sama (atmosfer, troposfer, biosfer, dll)
n  Gunakan yang kira2 ada kaitannya (ilmu politik, politikus, dll)
n  Gunakan bahasa baku
KAIDAH PENULISAN SOAL PG
  1. Soal harus sesuai dengan indikator
  2. Pengecoh harus berfungsi
  3. Setiap soal harus mempunyai satu jawaban yang benar
  4. Pokok soal harus dirumuskan secara jelas dan tegas.
  5. Pokok soal jangan memberi petunjuk ke arah jawaban yang benar.
  6. Pokok soal jangan mengandung pernyataan yang bersifat negatif ganda.
  7. Pilihan jawaban harus homogen dan logis ditinjau dari segi materi.
  8. Panjang rumusan pilihan jawaban harus relatif sama
  9. Pilihan jawaban jangan mengandung pernyataan “Semua pilihan jawaban di atas salah/benar”.
  10. Pilihan jawaban yang berbentuk angka atau waktu harus disusun berdasarkan urutan besar kecilnya nilai angka atau kronologis waktunya.
  11. 11. Gambar, grafik, tabel, diagram, dan sejenisnya yang terdapat pada soal harus jelas dan berfungsi.
  12. 12. Rumusan pokok soal tidak menggunakan ungkapan atau kata yang bermakna tidak pasti seperti: sebaiknya, umumnya, kadang-kadang.
  13. 13. Butir soal jangan bergantung pada jawaban soal sebelumnya.
  14. 14. Setiap soal harus menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia.
  15. 15. Bahasa yang digunakan harus komunikatif,  sehingga pernyataannya mudah dimengerti warga belajar/siswa.
  16. 16. Jangan menggunakan bahasa yang berlaku setempat jika soal akan digunakan untuk daerah lain atau nasional.
  17. 17. Pilihan jawaban jangan mengulang kata/frase yang bukan merupakan satu  kesatuan pengertian. Letakkan kata/frase pada pokok soal.

CONTOH KISI-KISI PENULISAN TES PRESTASI BELAJAR
Jenis Sekolah   : SMA                                                                              Alokasi Waktu :120 Menit
Program Studi  : BAHASA                                                      Jumlah Soal     : 50
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris                                                         Penyusun                   : Team Bahasa Inggris

No
Urut
Standard  Kompetensi Lulusan
Uraian Materi
Indikator Soal
Tingkat Kesukaran
Nomor Soal
1
LISTENING ( Mendengarkan )
Memahami makna teks lisan berbentuk  teks fungsional pendek, percakapan dan teks monolog sederhana berbentuk naratif ( narrative, recount, news item ) dan deskriptif ( report, descriptive, explanation ) dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Menentukan  tempat terjadinya dialog .
Diperdengarkan suatu percakapan  transaksional , siswa dapat menentukan dimana percakapan itu terjadi.
MD
1
2
  
Menentukan  gambaran umum  dari sebuah percakapan.
Diperdengarkan suatu percakapan interpersonal , siswa dapat menentukan gambaran umum secara tepat.
SK
2
3

Menentukan  informasi rinci dari sebuah percakapan.
Diperdengarkan suatu percakapan  interpersonal , siswa dapat menyebutkan informasi rinci secara tepat.
SD
3
4

Menentukan makna  ungkapan  persetujuan.
Diperdengarkan suatu percakapan, siswa dapat menentukan makna ungkapan persetujuan.
SD
4
5

Menentukan  informasi tersirat dari sebuah percakapan.
Diperdengarkan suatu percakapan siswa dapat menyebutkan informasi yang tersirat.
SK
5


KAIDAH PENULISAN SOAL
PILIHAN GANDA
  1. SOAL HARUS SESUAI DENGAN INDIKATOR
  2. PILIHAN JAWABAN HARUS HOMOGEN DAN LOGIS
  3. SETIAP SOAL HARUS MEMPUNYAI SATU JAWABAN YANG BENAR
KEUNGGULAN
*      MENGUKUR BERBAGAI JENJANG KOGNITIF
*      PENSKORANNYA MUDAH, CEPAT, OBJEKTIF DAN DAPAT MENCAKUP RUANG LINGKUP BAHAN / MATERI / PB YANG LUAS
*      BENTUK INI SANGAT TEPAT UNTUK UJIAN YANG PESERTANYA SANGAT BANYAK ATAU YANG SIFATNYA MASSAL
KETERBATASAN
*      MEMERLUKAN WAKTU YANG RELATIF LAMA UNTUK MENULIS SOALNYA
*      SULIT MEMBUAT PENGECOH YANG HOMOGEN DAN BERFUNGSI
*      TERDAPAT PELUANG UNTUK MENEBAK KUNCI JAWABAN
KONSTRUKSI
  1. POKOK SOAL HARUS DIRUMUSKAN SECARA JELAS DAN TEGAS
  2. RUMUSAN POKOK SOAL DAN PILIHAN JAWABAN HARUS MERUPAKAN PERNYATAAN YANG DIPERLUKAN SAJA
  3. POKOK SOAL JANGAN MEMBERI PETUNJUK KE ARAH JAWABAN YANG BENAR
  4. POKOK SOAL JANGAN MENGANDUNG PERNYATAAN YANG BERSIFAT NEGATIF GANDA
  5. PANJANG RUMUSAN PILIHAN JAWABAN HARUS RELATIF SAMA
  6. PILIHAN JAWABAN JANGAN MENGANDUNG PERNYATAAN “SEMUA PILIHAN JAWABAN DI ATAS SALAH”, ATAU “SEMUA PILIHAN JAWABAN DI ATAS BENAR”
  7. PILIHAN JAWABAN YANG BERBENTUK ANGKA HARUS DISUSUN BERDASARKAN URUTAN BESAR KECILNYA NILAI ANGKA TERSEBUT
  8. GAMBAR, GRAFIK, TABEL, DIAGRAM, DAN SEJENISNYA YANG TERDAPAT PADA SOAL HARUS JELAS BERFUNGSI
  9. BUTIR MATERI SOAL JANGAN BERGANTUNG PADA JAWABAN SOAL SEBELUMNYA
KAIDAH BAHASA
  1. SETIAP SOAL HARUS MENGGUNAKAN BAHASA YANG SESUAI DENGAN KAIDAH BAHASA INDONESIA
  2. JANGAN MENGGUANAKAN BAHASA YANG BERLAKU SETEMPAT
  3. PILIHAN JAWABAN JANGAN MENGULANG KATA ATAU FRASE YANG BUKAN MERUPAKAN SATU KESATUAN PENGERTIAN
INDIKATOR
        DISAJIKAN SEBUAH KALIMAT, SISWA DAPAT MENETUKAN SINONIM SALAH SATU KATA DARI KALIMAT TERSEBUT
SOAL
Kalimat berikut yang menggunakan sinonim kata adalah …
  1. Bu Ani mendidik anaknya dengan lemah lembut.
  2. Adikku adalah anak yang cerdik dan pandai.
  3. Perempuan itu ternyata masih gadis.
Sumber daya alam belum dieksploitasi secara optimal. Sinonim kata eksploitasi pada kalimat tersebut adalah?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.