RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP.12.1)
SMA : SMA NEGERI 3 KEDIRI
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : X /Genap
Standar Kompetensi : Menulis
12. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk narrative, descriptive dan news item dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar : 12.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari
Indikator :
· Menggunakan tata bahasa, kosa kata, tanda baca, ejaan, dan tata tulis dengan akurat
· Menulis gagasan utama
· Mengelaborasi gagasan utama
· Membuat draft, merevisi, menyunting
· Menghasilkan teks fungsional pendek
Jenis teks : Fungsional pendek
Aspek/ Skill : Menulis
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran :
· Pada akhir pembelajaran siswa dapat Menggunakan tata bahasa, kosa kata, tanda baca, ejaan, dan tata tulis dengan akurat
· Pada akhir pembelajaran siswa dapat Menulis gagasan utama
· Pada akhir pembelajaran siswa dapat Mengelaborasi gagasan utama
· Pada akhir pembelajaran siswa dapat Membuat draft, merevisi, menyunting
· Pada akhir pembelajaran siswa dapat Menghasilkan teks fungsional pendek
B. Materi Pembelajaran :
· Membuat pengumuman
Contoh pengumuman :
· If you see something suspect or can be distrubed aviation savely please call 911
· Needed a help for restaurant
· Needed women,smart and love book. Please call 081938908987
· Membuat iklan
Contoh iklan :
· Indomie is the best noodle
· Membuat undangan
Contoh undangan :
·
C. Metode Pembelajaran / Tehnik :
· Three phase technique
D. SKENARIO PEMBELAJARAN:
STAGE | NO | TEACHER’S ACTIVITY | STUDENTS’ ACTIVITY |
Opening | 1. | Pre Teaching ( 10 menit ) a. Memberi salam Good morning, students! b. Mengecek presensi Now, I’d like to check your attendance list by calling you one by one. Listen, please! c. Menyampaikan topik Today, we are going to discuss about invitation. | Menjawab salam Good morning, teacher! Mendengarkan dan menjawab I’m here jika hadir Mendengarkan |
Eksplorasi | | Memberi motivasi dengan bertanya : · Have you ever give a invitation card? · Do you like advertisement? · Have you ever give a notification to your friend? · Is it interesting or not? | Yes / No Yes / No Yes / No Yes / No |
Elaborasi | 2. | Main Teaching ( 60 menit ) a. Menyuruh siswa berpasangan. b. Memberikan contoh - contoh kalimat sederhana terkait jenis teks bentuk undangan ( Materi Pembelajaran:<a>)dan memperdengarkan rekaman dialog kepada siswa mengundang seseorang secara lisan menggunakan gambit - gambit tertentu (Materi Pembelajaran:<b>). c. Menyuruh setiap pasangan mempraktekkan mengundang seseorang secara lisan menggunakan gambit-gambit tertentu ke depan kelas. d. Memperdengarkan rekaman monolog kepada siswa mengundang seseorang secara lisan.( Materi Pembelajaran:<c>) e. Menyuruh setiap pasangan untuk membuat undangan secara lisan sesuai dengan contoh dan mengungkapkannya di bangku masing-masing. f. Menunjukkan kepada siswa sebuah contoh undangan terkait tema. ( Materi Pembelajaran:<d>) | Mencari pasangan Mendengarkan dengan seksama Berdiskusi kemudian mempraktekkan di depan kelas Mendengarkan dengan seksama Berdiskusi kemudian mempraktekkannya di bangku masing-masing Memperhatikan dengan seksama |
Konfirmasi | 3. | Post Teaching ( 10 menit ) a. Menanyakan kesulitan siswa dalam memahami teks undangan. Is there any difficulty on you to understand about our material today? b. Memberikan kesimpulan tentang pentingnya ekspresi yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata. c. Menugaskan kepada setiap siswa untuk mencari contoh undangan sesuai dengan contoh ( Matari Pembelajaran:<d>) sebagai bahan diskusi pertemuan selanjutnya. d. Menutup pertemuan dan mengucapkan salam. Time is up. Don’t forget your assignment and thank you for your attention.Good bye, students! | Menyampaikan kesulitan jika ada Mendengarkan dengan seksama Mendengarkan dan menyanggupi mencari contoh undangan Menjawab salam Good bye, teacher! |
E. Sumber Belajar :
· Buku teks yang relevan
· Teks Otentik
F. Penilaian :
a. Teknik : Test tulis, unjuk kerja
b. Bentuk : Esai , lembar kerja
c. Instrumen :
Write down the instruction based on the situation.
You want your friend to come to your house.
You want your friend to wait for you in front of the school.
Your friend is going to have a trip, Write an sms to him/her!
Mengetahui Tulungagung, 21 Desember 2010
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Drs. H. SOEPRAJITNO Ofi Rifal. F
Silabus
Sekolah : SMA Negeri 3 Kediri
Kelas : X
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Semester : 2
Standar Kompetensi : 12. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk narrative, descriptive dan news item dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar | MateriPokok /Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | |||
Teknik | Bentuk Instrumen | | | ||||||
12.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari | · Membuat : Pengumuman, Iklan, Undangan | · Membuat pengumuman secara individu dan mempublikasikan di papan pengumuman | · Menggunakan tata bahasa, kosa kata, tanda baca, ejaan, dan tata tulis dengan akurat · Menulis gagasan utama · Mengelaborasi gagasan utama · Membuat draft, merevisi, menyunting · Menghasilkan teks fungsional pendek | Teks tertulis | Tugas Portofolio | | 6x45 menit | · ESOL ONLINE · English Online · Jakarta Post | |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.