KERANGKA PTK
IDENTIFIKASI MASALAH | Subyek | Perencanaan Tindakan | Instrumen | Analisis Data | |||
Masalah Pembelajaran yang muncul di kelas | Masalah Pembelajaran yang akan diperbaiki | Penyebab munculnya masalah | Rumusan Masalah | ||||
1. Siswa tidak menpunyai motivasi dalam belajar bahasa inggris. 2. Siswa tidak memperhatikan penjelasan guru. 3. Siswa cenderung ramai dalam kelas pada waktu kegiatan belejar pembelajaran. 4. Minat siswa dalam belajar rendah 5. Partisipasi siswa kurang. 6. Kosa kata siswa sangat kurang | 6. Kosa kata siswa sangat kurang | 6.1 Guru mengajar hanya focus pada buku LKS. 6.2 Guru hanya menggunakan metode ceramah. 6.3 Model pembelajaran kurang menarik 6.4 Guru kurang memahami kemampuan siswa 6.5 Guru kurang memahami kondisi siswa. 6.6 Guru kurang memberi kesempatan kepada siswa untuk berbicara 6.7 Guru mengajar tidak menggunakan media pembelajaran | Apakah penerapan “Snake Word Game” dapat meningkatakan penguasaan vocabulary siswa dalam belajar bahasa inggris? | Kelas 1 Semester Genap SMPN 4 Tulungagung Tahun Pelajaran 2011/2012 | Langkah – langkah: 1. Guru menanyakan tentang hal-hal yang berhubungan dengan materi. 2. Guru memperkenalkan kosa kata 3. Guru menjelaskan materi pembelajaran. 4. Guru menyiapkan media yang akan digunakan. 5. Setiap siswa mendapat satu buah gambar. 6. Tiap siswa mewarnai gambarnya sendiri. 7. Setiap siswa mencari warna yang cocok dengan gambarnya. 8. Setelah selesai gambar dikumpulkan. 9. Untuk mengetahui hasil, guru memberi siswa tes vocabulary. 10. Kesimpulan | 1. Tes 2. Lembar Observasi Siswa dan Guru 3. Angket Siswa | Rekapitulasi Angket Siswa Terhadap media. Rekapitulasi hasil observasi siswa Rekapitulasi Tes |
JUDUL : Peningkatan Penguasaan Vocabulary Siswa dalam Belajar Bahasa Inggris melalui Media Pembelajaran “Snake Word Game” pada siswa kelas I SMPN 4 Tulungagung Tahun Pelajaran 2010/2011
1. “Snake Word Game” (Permainan Ular Kata)
Langkah – langkah :
11. Guru menulis kata “snake” di papan.
12. Lalu guru menunjuk salah satu siswa untuk maju dan memilih sebuah kata dari huruf tersebut.
13. Misal dari kata SNAKE siswa memilih huruf “S” maka dia harus menulis kata yang berawalan dari huruf “S” tersebut, misal SICK.
14. Setelah itu guru menunjuk salah satu siswa lainya untuk meneruskan kalimat/kata dari siswa sebelumnya yaitu SICK, dan berlanjut seterusnya untuk siswa lainya seperti pada nomer 13.
15. Setiap siswa mendapat satu kesempatan untuk meneruskan kata tersebut.
16. Tiap siswa memikirkan kata mana yang tepat untuk panerusan huruf tersebut.
17. Setiap siswa mencari kalimatnya sendiri-sendiri.
18. Setelah semua kalimat tersebut terkumpul panjang seperti “snake(ular)” di papan tulis.
19. Selesei dan semua siswa membaca kembali semua kalimat yang ada di papan tersebut.
20. Untuk mengetahui hasil, guru memberi siswa tes vocabulary.
21. Kesimpulan
MATRIX
PROBLEMS’ IDENTIFICATION | Subject | Action Plan | Instrument | Hypothesis | |||
The Problem Faced by Student in the Classroom | Problems Occur in the Classroom | The Cause of Problem | Statement of the Problem | ||||
1. Student tends to avoid English. 2. Student don’t have attention to the teacher 3. Student tends to be noise in classroom. 4. Students’ interest in study is low 5. Lack of student’s participation 6. Lack of Vocabulary | 6. Lack of Vocabulary | 6.1 Teachers’ focus only in LKS. 6.2 The model of teaching and learning process isn’t interesting. 6.3 Lack of media 6.4 Teacher dominates the class 6.5 Teacher’s attention of the students’ situation is low. | How can ‘Snake Word Game’ improve the first grade students of SMPN 4 Tulungagung vocabulary mastery | The first grade students of SMPN 4 Tulungagung in academic year 2011/2012 | Langkah – langkah: 1. Teacher gives some questions about the material. 2. Teacher introduce anagram by giving example 3. Teacher explains the rules of the game. 4. Teacher prepare the sheet / media. 5. Each student gets one paper. 6. Teacher gives time to work 7. Each student tries to look for the vocabularies. 8. Student submit the paper 9. Teacher change randomly and ask the student to read it in order to check the answer 10. Teacher and student look for the meaning of each word found. 11. Teacher give a dictation test 12. Conclusion. | 1. Test 2. Observation sheet of the teacher and students 3. Questionnaire for student | If ‘Snake Word Game’ is applied well in the teaching and learning process, it will improve student’s vocabulary mastery. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.